Cara Mudah Memperbaiki Komputer yang Telah Lama Mati

Cara Mudah Memperbaiki Komputer yang Telah Lama Mati

Apakah anda mempunyai sebuah komputer yang sudah lama tidak digunakan dan ketika mau digunakan kembali komputer tersebut mengalamai masalah tidak bisa menyala ketika tombol power ditekan.

Jangan panik apabila anda mengalami masalah seperti di atas. Apabila anda tidak buru-buru dan mempunyai sedikit waktu untuk melakukan tindakan sederhana pada komputer anda tersebut. Maka komputer anda akan bisa digunakan lagi tanpa harus anda bawa pada teknisi komputer untuk melakukan service.

Langkah-langkah mudah memperbaiki komputer yang mati dan tidak bisa menyala ketika tombol power ditekan adalah sebagai berikut :

1, Ambil komputer dan cabut semua kabel yang ada dibelakang komputer (kabel power, mouse, keyboard, dll) kemudian lepas tutup casing komputer dengan cara gunakan obeng untuk membuka 2 skrup yang ada di bagian belakang komputer.

2, Bersihkan debu-debu atau kotoran yang ada didalam komputer dengan cara disemprot dengan blower atau dibersihkan dengan kuas, Hingga tampak bersih.

3, Cabut kabel power Komputer pada Motherboard dan Harddsik

4, Cabut Memory dari Slot Memorynya

5, Cabut Kabel Data dari Motherboard ke Harddisk

Setelah langkah – langkah terebut dilakukan pasang lagi perangkat-perangkat komputer tersebut seperti sediakala lalu tancapkan lagi kabel-kabel mouse,keyboard,vga,power listrik di belakang komputer yang tadi kita lepas.

Kita coba tekan powernya. Apabila menyala berarti tidak ada kerusakan pada perangkat komputer anda. Namun apabila tidak berhasil menyala anda perlu melakukan pengecekan sederhana sebagi berikut :

1, Apabila kipas pada prosesor anda atau pada power suply tidak bergerak, bisa jadi power suply sudah rusak dan minta diganti. Coba diganti dengan yang baru.

2, Apabila komputer bisa tampil di layar monitor namun terdapat bunyi bip-bip-bip berkali-kali itu menandakan ada kerusakan pada memory RAM komputer anda. Coba ganti memory yang baru.

3, Apabila dilayar komputer terdapat tulisan “tidak bisa menemukan harrdisk” dan kita mendengarkan bunyi tik-tik-tik pada harddisk komputer kita maka harddisk komputer kita rusak dan minta diganti. Jika tidak ada bunti tit-tit-tit pada harddisk kita kita bisa mengganti kabel power harrdisk ke motherboard terlebih dahulu.

4, Apabila Kita bisa melihat halaman utama dari sistem operasi Microsoft Windows namun kemudian komputer tiba-tiba restart sendiri maka kemungkinan Sistem Operasi Windows kita yang bermasalah kita harus melakukan instalasi pada sistem opearsi komputer kita. Bisa menggunkaan Ubuntu atau Windows.

20 Ide Bisnis Online dari Rumah Terpopuler 2020

20 Ide Bisnis Online dari Rumah Terpopuler 2020 Berkat adanya internet, siapa pun bisa menjalankan bisnis online dari rumah. Peluang Read more

Tips Mendapatkan Screenshot Layar Pada Laptop Windows 10

Tips Mendapatkan Screenshot Layar Pada Laptop Windows 10 Sebagian dari Anda mungkin ada yang masih belum tahu cara screenshot di Read more

Siasat Berbisnis Di Era New Normal

Siasat Berbisnis Di Era New Normal Era new normal idealnya tidak sebatas tatanan hidup baru saja, seperti mulai membiasakan kerja Read more

Cara membuat website terbaru dengan domain dan hosting sendiri

Cara membuat website terbaru dengan domain dan hosting sendiri Membuat website sendiri dengan domain dan hosting bisa kita lakukan untuk Read more

Leave a Reply

Your email address will not be published.

© 2021 javacposjavacpos.com ALL RIGHT RESERVED